Selasa, 16 Juni 2009

[TMC] Waspadai Nomor Bantuan di Mesin ATM

Penipuan di mesin Anjungan Tunai Mandiri kembali terjadi. Seorang nasabah bank milik pemerintah ditipu oknum dengan modus pencantuman nomor bantuan. “Nomor itu ditempel di mesin ATM,” ujar Juru Bicara Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi Chryshnanda Dwi Laksana, Selasa (16/6).

Peristiwa terjadi pada Minggu (14/6), ketika Jhony Silalahi, 53 tahun, seorang nasabah Bank Mandiri akan mengambil uang di gerai ATM Universitas Kristen Indonesia, Cawang. Warga Lubang Buaya, Jakarta Timur itu mendadak mengalami masalah lantaran kartu yang ia gunakan tertelan mesin ATM.

Rasa panik seketika menjalar. Jhony pun lalu berusaha menghubungi nomor layanan operator Bank Mandiri yang tertempel di mesin ATM. Mulanya tidak ada sedikitpun kecurigaan. Seorang petugas yang menerima keluhannya melalui 021-899677 dengan ramah menuntunnya menekan sejumlah tombol di mesin.

“Nomor yang ia tekan adalah untuk mengamankan nomor PIN agar tidak disalahgunakan oleh orang lain,” kata Chryhsnanda. Di ujung layanan, operator telepon itu meminta Jhony untuk menunggu perbaikan mesin hingga esok hari. Ia pun berjanji akan mengirimkan kartu ke alamat Jhony keesokan harinya sekitar pukul 09.30 WIB.

Namun janji itu tidak kunjung ditepati. Jhony yang menunggu hingga siang hari tidak sedikitpun menerima kabar. Merasa curiga, ia lalu memilih untuk menyambangi kantor Bank Mandiri untuk menanyakan persoalannya. Sial baginya. Tabungan Rp 25 juta lenyap digondol pelaku. “Saat ini masih kami sidik,” kata Chryshnanda.



Link: http://www.lantas.metro.polri.go.id/news/index.php?id=2&nid=19832

Tidak ada komentar:

Posting Komentar