Senin, 26 Januari 2009

[TMC] Pengemis Cari Rejeki di Vihara Glodok

Perayaaan Tahun Baru Imlek 2560, Senin (26/1) sudah tradisi bagi masyarakat Tiong Hoa untuk membagi â€" bagi rejeki. Sabtu (24/1), para pengemis sudah mulai ‘menyerbu’ vihara di bilangan Glodok Jakarta Barat.

Vihara Dharma Bhakti, Jalan Petak Sembilan Glodok, salah satu sasaran mereka untuk mencari rejeki. Bahkan mereka juga ada yang berasal dari luar Jakarta seperti Bekasi dan sekitaranya.

Mereka datang ke tempat ini tidak sendiri, ada yang membawa anak, istri atau famili. ”Setiap Imlek saya datang ke sini.” tutur Sun Kie, satu pengemis. Seperti biasanya, mereka rela mengantri berjam-jam untuk mendapatkan rejeki yang diharapkan bisa mencapai ratusan ribu rupiah.

“Kalau di sini kita pasti kebagian, tidak perlu rebutan meminta-meminta kepada dermawan,’ tambahnya sambil menyebutkan karena petugas yang membagikan uang itu dari pengunjung dengan syarat harus tertib.

Bagi umat yang memberikan uang kepada pengemis memang boleh langsung dan didampingi petugas keamanan. Waktu pembagian tidak menentu. Bisa pagi, siang, sore atau malam hari tergantung dari penderma yang berkunjung. Namun repotnya bila hujan, mereka harus berbasah ria.

Seperti biasanya suasana pemberian derma kepada fakir miskin ini berlangsung hingga malam pergantian tahun . Vihara Dharma Bhakti dibangun sekitar tahun 1650 dan merupakan kompleks dari tiga vihara


Link: http://www.lantas.metro.polri.go.id/news/index.php?id=2&nid=17785

Tidak ada komentar:

Posting Komentar